Pozzart’s Blog

Archive for the ‘kreatif’ Category

Pernah ingat iklan yang bener-bener nyantol di ingatan kita? Bukan iklan yang terkenal karena artisnya. Bukan juga iklan yang sangat WAHH, yang bikin kita ga berkedip. Kalau dibanding dengan iklan-iklan yang handal grafis, efek, dan tampilan, mungkin ga ada apa-apaya. Seperti iklan Conce, “Concenya manna?” (yang berlokasi di jalan tol). Trus iklan indosat “CUMI” (dengan berbagai arti, Cuma Minjem, Cuma Minjem, dan cuma-duma yang lainnya). “Asyiknya Rame-rame“, “Bukan Basa-basi” dan iklan dengan bahasa marketing lain yang sangat kreatif.

Itu semua tak lepas dari pentingnya sang penulis skrip iklan, dan kerjasama tim kreatif untuk menarik minat pasar. Sekaligus memberi brandimage terhadap produk yang dipasarkan. Seperti salah satu Creativepreneur ship M.Arief Budiman, penulis buku “Jualan Ide Segar” dan pemilik PT.Petakumpet, yang modal andalannya hanyalah Ide segar. Ternyata Ide briliant untuk berbagai bentuk pemasaran produk, menjadi nilai jual yang cukup mahal. Terlebih kini semakin maraknya industri kreatif menjadi sorotan.

Setiap kita punya modal yang super hebat untuk bisa menjadi kreatif, yaitu otak. Dan hebatnya, setiap isi kepala pastinya memiliki ide dan persepsi tersendiri terhadap sesuatu. Itulah makanya, ide kreatif itu ga akan pernah ada habisnya. Itu juga yang bikin iklan-iklan sekarang mengedepankan ide yang ga umum dimasyarakat. Karena memang biasanya orang kreatif selalu berhasil ketika ia berani mendobrak persepsi umum yang berlaku dimasyarakat. Jadilah anda terngiang-ngiang dengan statement iklan yang dibuat.

Jadi, jangan pernah berhenti berfikir kreatif!

Kira-kira iklan apa lagi ya, yang nempel banget di memori kamu?

Bagi sebagian besar orang umumnya tahu yang namanya origami. Seni melipat kertas dari jepang ini pada awal tahun 2008 hingga kini cukup menarik perhatian. Soalnya sekarang ini, sudah mulai menjamur komunitas-komunitas bagi kalian yang suka ngelipat-ngelipat kertas. Ternyata keterampilan yang biasanya dikhususka untuk anak kecil ini, juga menarik perhatian sejulah besar anak muda sekarang. Bentuk pengembangan trend origami ini dikenal dengan sebutan ‘Paper Craft’.

Nah dari sumber bacaan yang gue dapet, ternyata komunitas ini juga udah pernah ngadain kompetisi di Surabaya, Mei, 2008 lalu. Dan serunya, ternyata komunitas (yang terkesan underground ii) keliatan seru banged. Yah, karena seni yang cuma bermodal kertas, ga semudah yang biasa gue bikin waktu zaman SD. Klo sobat nganggep origami itu kegampangan, so..jangan samain dengan yang satu ini. Soalnya Paper Craft ini juga punya kastakasta keahlian dari yang beginner sampai advance (alah, jadi inget kya kursus LIA aja). Untuk bisa gabung di komunitas kya gini, sobat cuma perlu modal kertas, gunting, lem dan tinta printer. Pokoke modalnya terbilang cukup murah dan sederhana. Cuma soal keahlian ntar dulu, mending baca dulu nih kutipan dari boznya Kojitsu (Komunitas Jepang Surabaya)

Sebetulnya gampang banget bikin mainan seperti ini. Software khusus udah disiapin, tinggal kita yang mesti jeli utak-atik obyek yang akan dibikin paper craft. Per piecenya dibuat menjadi tiga dimensi dulu, baru kemudian dicari warna yang tepat, setelah itu di print menggunakan tinta berwarna,” sambung Yazid, yang juga Ketua Kojitsu. (http://www.surya.co.id)

Bahkan saking menariknya kegitan ini nyedot perhatian para jomblo-jomblores (hehehe..kya gue gini, tapi ga musti jomblo juga kali ye yang gabung disini), sekarang juga sudah ada blog yang emang khusus untuk sharing cerita, teknik de el el soal paper craft ini. Enaknya lagi, bagi yang ga mau ribed dengan bahasa inggris (ato agak lemot klo harus baca pake bahasa negeri gue :)), nah mending coba aja deh buka http://papercraft-world.blogspot.com/.

Kita bakal bisa dapetin trik – trik atau info seputar paper craft hingga modl – model design yang lagi inn sekarag. Ditambah lagi, sobat bisa download sample paper craft yang disediakan. But, jika sobat pengen dapet yang spesial edision ato model2 yang agak ngejelimet gitu (yah cari aja sendiri, hahahhahha….). Karena para designer paper craft cukup perhitungan juga ngasih sample yang rumit secara gratis. Dengan begini, paper craft bisa juga jadi sumber inspirasi buat nambah pemasukan. Waaahh, seru juga nih. Gimana menurut kalian? Berminat?

transformerCraft4 by you.papercraft2 by you.
wall-e by you.